Beranda Info Jenis-Jenis Freon AC Mobil

Jenis-Jenis Freon AC Mobil

Jenis-Jenis Freon AC Mobil tidak dapat digunakan secara sembarangan. Pengisian daya yang tidak tepat juga memengaruhi tingkat suhu rendah AC

Jenis-Jenis Freon AC Mobil tidak dapat digunakan secara sembarangan. Pengisian daya yang tidak tepat juga memengaruhi tingkat suhu rendah dan sistem AC. Jika Anda salah mengisi di dalam anda dapat menggunakan sesuai dengan kebutuhan AC mobil.

Freon dalam bentuk cair di edarkan secara khusus melalui saluran sistem pendingin udara mobil. Freon menyerap panas di evaporator dan mendistribusikannya ke seluruh kendaraan untuk memberikan udara sejuk. Berkat freon, suhu di dalam mobil semakin dingin.

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis freon AC yang di gunakan pada mobil Anda, Anda perlu mengetahui jenis dan perbedaannya agar tidak salah pilih. Beginilah cara AC freon bekerja dengan baik untuk memberikan udara sesegar mungkin.

Jenis-Jenis Freon AC Mobil

Menggunakan jenis kerflon yang salah dapat merusak AC Anda. Karena itu, perhatikan tidak hanya tekanan freon AC mobil, tetapi juga jenisnya. Kami akan memperkenalkan jenis-jenis freon yang memerlukan perhatian khusus pada AC mobil.

AC mobil Freon R-12

Jenis pertama juga di sebut chlorofluorocarbons atau CFC. Metana dan etana di gunakan sebagai bahan baku. Kedua bahan ini memiliki komposisi fluor, klorin dan karbon. Jenis pertama tidak lagi di gunakan karena kandungan klorinnya, yang berbahaya bagi lapisan ozon. Ciri khasnya, freon ini tidak berwarna, tidak korosif, tidak mudah terbakar dan tidak beracun. Stabilitas sangat baik pada suhu rendah dan tinggi.

AC mobil Freon R-134a

Jenis kedua ini termasuk hidrokarbon atau HFC. Ini lebih sering di gunakan karena tidak mengandung klorin yang berbahaya bagi lapisan ozon. Tingkat keamanannya ramah lingkungan dan Freon standar untuk AC mobil. Sifatnya sendiri tahan korosi dan struktur serta elemen kimianya stabil dengan konstanta dielektrik yang tinggi. Perhatikan bahwa freon R-134a tidak dapat di gabungkan dengan freon jenis lain, terutama jenis non-HFC. Hal ini karena bahan penyusunnya berbeda dengan R-134a.

Freon R-22

Juga, sejenis Freon yang di gunakan dalam sistem kecil seperti mobil. Freon ini adalah Hydro Chloro Fluoro Carbon atau HCFC. Mengingat adanya klorin, freon ini sangat berbahaya. CFC R-22 masih banyak di gunakan untuk mengisi AC mobil, meski berbahaya. Itu tidak menimbulkan korosi pada logam dan memiliki daya serap air yang sangat baik.

Freon hidrokarbon otomotif

Ini adalah jenis freon pertama yang di gunakan. Seperti namanya, ia mengandung karbon dan hidrogen yang ramah lingkungan. CFC ini tidak menyebabkan pemanasan global. Sayangnya, penggunaan freon hanya terdapat pada pabrikan mobil, sehingga sangat jarang di beberapa bengkel khusus AC.

Baca juga : Berapa Tekanan Freon Yang Ideal Di Dalam Mobil

Demikian penjelasan Freon dari beberapa jenis AC mobil. Periksa kandungan Freon ac mobil sebelum mengganti untuk mendapatkan udara yang paling segar.

Komentar
Bagikan:

Iklan