Beranda Info Cara Mengecek Tekanan Freon AC Mobil

Cara Mengecek Tekanan Freon AC Mobil

Cara Mengecek Tekanan Freon AC Mobil

Perhatian yang cermat harus di berikan pada Freon di AC mobil. Karena fungsi freon AC mobil memang sangat penting. Jadi harap di perhatikan untuk cara mengecek tekanan freon AC mobil anda dan jangan berlebihan. Ada sesuatu yang sangat penting di sini.

Untuk mengukur freon AC pada mobil ini di perlukan alat khusus yang di sebut manometer. Manifold Pressure Gauge ini di rancang untuk mengukur tekanan freon pada mobil Anda. Alat ini akan secara otomatis memberi tahu Anda apakah tekanan freon mobil Anda tinggi atau rendah.

Tekanan freon yang tinggi ini biasanya di tandai dengan garis berwarna merah. Dalam hal ini, tekanan freon rendah di ampilkan sebagai garis biru. Jadi Anda jangan sampai salah pasang alat tersebut.

Penting untuk mengetahui tekanan freon yang benar di mobil Anda. Ini karena tekanan freon terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ini berdampak buruk pada pengoperasian AC mobil. Dengan mengetahui bagian-bagian yang di miliki sensor manifold dan fungsinya.

Cara Mengecek Tekanan Freon AC Mobil

Meskipun pengisian tekanan freon di sarankan, Anda harus mencari bantuan teknisi yang berpengalaman. Anda juga perlu mengetahui cara memeriksa tekanan freon secara mandiri. Berikut adalah beberapa langkah yang harus di perhatikan saat memeriksa tekanan freon AC:

Pengukur manifold memiliki lima bagian penting. Sebelum ujian, kami harap Anda sudah mengetahui fungsi dari kelima bagian freon tersebut. Langkah pertama adalah menutup katup dispenser searah jarum jam.

Kemudian sambungkan nipel biru ke katup servis AC yang bertekanan rendah. Sedangkan puting merah di pasang pada katup servis AC bertekanan tinggi. Saat memasang nozzle Anda perlu mengetahui jenis AC apa yang Anda pasang karena letak nipel bervariasi tergantung pada jenis AC mobil.

Putar berlawanan arah jarum jam pada bagian atas AC untuk memudahkan proses pemasangan Nepel. Selanjutnya, tarik kenop bawah AC agar pin pas dengan port belakang. Putar kedua blok AC searah jarum jam, tekanan rendah atau tinggi, untuk memudahkan pembacaan tekanan Freon.

Hasil pengukuran tekanan menggunakan pengukur di manifold mirip dengan tekanan AC saat mesin mobil tidak hidup, yaitu 70-90 psi. Kemudian nyalakan mesin mobil dan segera lakukan uji tekanan. Berapa Tekanan Freon Yang Ideal Di Dalam Mobil. Pada tekanan rendah, tekanannya antara 20 dan 30 psi. Sedangkan pada AC tekanannya antara 170 sampai 250 psi.

Ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan Freon AC mobil Anda sudah benar. Tetapi jika tekanannya ternyata lebih tinggi dari ini, Anda harus menambahkan untuk mengubah tekanannya.

Itulah cara mengecek tekanan freon AC mobil. Jika Anda merasa tidak kompeten, segera cari bantuan dari teknisi ahli atau dealer mobil terdekat. Di sana Anda akan mendapatkan pelayanan prima saat melakukan pengecekan tekanan freon AC mobil atau suku cadang mobil lainnya.

Komentar
Bagikan:

Iklan