Cara Mendaftarkan Website Ke Google Berita

Anda bisa mendapatkan lalu lintas dari berbagai jenis konten di situs dengan Cara Mendaftarkan Website Ke Google Berita. Siapa pun yang membuat konten berita harus tahu cara berlangganan Google News. Dengan demikian, konten berita Anda akan muncul di Google Berita. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan lalu lintas organik yang sangat tinggi.

Google Berita berbeda dari halaman Google Penelusuran biasa Anda. Seperti namanya, Google News menampilkan hasil pencarian khusus untuk konten berita. Google Berita membuat pengguna mendapatkan informasi terbaru berdasarkan sumber berita, topik, dan lokasi.

Cara Mendaftarkan Website Ke Google Berita

Proses mendaftarkan website Anda ke Google News tidaklah rumit. Cukup ikuti langkah ini:

Masuk ke akun Google Anda

Pertama, Anda harus masuk ke akun Google Anda. Pastikan Anda memasukkan kombinasi nama akun dan kata sandi yang benar. Pastikan email Google yang Anda gunakan cocok dengan akun Google Search Console (GSC) Anda. Dengan demikian, proses pendaftaran di sederhanakan.

Masuk ke Pusat Penerbit Google

Langkah kedua membawa Anda ke Pusat Penerbit Google. Setelah itu, klik tombol berlabel “Tambah Publikasi” yang muncul di layar. Masukkan informasi situs web pendaftaran lengkap Anda, termasuk nama situs web, deskripsi, kategori, bahasa pilihan, dan alamat situs web.

Verifikasi Situs

Saat Anda memasukkan URL situs web, Anda perlu memeriksanya. Anda dapat menyelesaikan proses verifikasi dengan mengklik Verifikasi di Search Console. Menggunakan akun Google yang sama dengan alamat email GSC Anda akan mempercepat proses verifikasi. Anda kemudian harus menggunakan akun Google Analytics Anda untuk memasukkan informasi lain seperti kontak email dan pelacakan.

Konten

Layar beralih ke halaman konten. Di sini Anda harus masuk ke bagian yang akan muncul di Google News. Selain itu, Anda akan diminta untuk memasukkan label konten.

Pengaturan Logo

Pada langkah selanjutnya, Google akan meminta Anda untuk memasukkan logo Anda. Ada dua jenis logo yang perlu diserahkan: logo persegi dan logo lebar. Pastikan ukuran logo Anda sesuai dengan panduan Google Berita. Dengan mengklik tombol berikutnya Anda harus menyelesaikan iklan dan pengaturan lanjutan. Kedua langkah tersebut dapat dilewati.

Daftarkan ke Google News

Terakhir, kita perlu memastikan bahwa setiap elemen memiliki isian yang benar. Jika konten Anda sudah lengkap dan benar, klik tombol Terbitkan.

Menunggu Hasil Tes

Setelah menyelesaikan semua langkah, tunggu hasil evaluasi Google. Proses menunggu bisa memakan waktu hingga 3-5 hari kerja. Setelah situs web disetujui, konten berita dari situs web tersebut dapat muncul di laman Google Warta Anda.

Persyaratan Situs Web Yang Digunakan Oleh Google News

Anda telah menyelesaikan semua langkah untuk mendaftar ke Google Berita. Namun, permintaan pendaftaran Anda mungkin ditolak oleh Google. Ini dapat terjadi jika situs web Anda tidak memenuhi persyaratan. Untuk mendaftar ke Google Berita, Anda harus memenuhi dua persyaratan utama:

Google Berita menerima permintaan berlangganan untuk berbagai jenis situs web. Namun, untuk menghindari penolakan oleh pihak Google, pastikan website yang didaftarkan adalah website berita.

Baca juga : Cara Daftar YouTube Premium

Syarat selanjutnya adalah menghasilkan konten yang berkualitas, memenuhi unsur jurnalistik, dan tidak menjiplak konten. Konten yang Anda kirim melalui situs web Anda juga harus mutakhir. Jangan lupa untuk menunjukkan dengan jelas identitas situs Anda. Jadi, inilah beberapa langkah praktis untuk mendaftar ke Google News.

By admin