Beranda Info Apa Itu Nomor IMEI

Apa Itu Nomor IMEI

Apa Itu Nomor IMEI

Jika Anda menget apa itu nomor IMEI, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Ini sering terlihat seperti kode berteknologi tinggi yang tidak kita ketahui, tetapi sebenarnya lebih mudah daripada yang terlihat. Lewat artikel ini Anda akan tahu semua tentang apa itu IMEI.

Apa Itu Nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ini adalah nomor unik yang mengidentifikasi perangkat Anda ke jaringan seluler. Anda dapat menganggapnya sebagai nomor jaminan sosial untuk ponsel Anda. Ini terdiri dari 15 digit dan di tetapkan ke semua telepon selular.

Nomor ini sangat berguna jika ponsel Anda hilang atau di curi dan tidak mau mengembalikan ponsel Anda, Anda dapat memblokir nomor tersebut dan pasti handpone tidak akan dapat di gunakan oleh orang yang menemukan atau mencurinya.

Nomor IMEI juga berguna saat membeli ponsel bekas. Seperti memberi tahu Anda jika ponsel yang di blokir, di asuransikan, dan lainnya. Nomor tersebut juga mengungkapkan banyak detail lain tentang ponsel tersebut.

Imei ini juga dapat berfungsi termasuk merek dan model, tahun pembuatan, dan spesifikasi. Anda dapat mencobanya secara gratis dengan masuk ke website IMEI.info dan memasukkan nomor IMEI ponsel Anda.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

Sekarang kita tahu apa itu IMEI, mari kita lihat bagaimana cara menemukannya. Cara termudah untuk menemukan nomor telepon di ponsel Android Anda adalah dengan menekan *#06#. Sebuah nomor akan muncul di layar. Jika Anda memiliki ponsel SIM ganda, Anda akan melihat dua nomor, satu untuk setiap slot SIM. Anda juga dapat memeriksa IMEI di setelan perangkat dengan membuka Setelan > Tentang ponsel > IMEI.

Beberapa telepon memiliki nomor yang tercetak di bagian belakang, Anda juga dapat menemukannya di bawah penutup baterai yang dapat di lepas. Di beberapa telepon, itu juga tercantum di baki kartu SIM. Opsi terakhir adalah memeriksa kemasan ponsel jika Anda memilikinya. Pabrikan mungkin mencetak stiker di suatu tempat di kotak dus handphone.

Metode apa pun yang Anda gunakan, pastikan untuk menuliskan nomornya dan simpan di tempat yang aman. Jadi, jika Anda kehilangan perangkat, Anda masih dapat menyerahkannya ke operator Anda. Untuk memblokir nomor tersebut agar tidak dapat di gunakan.

Baca juga: Cara Cek IMEI iPhone Asli

Untuk apa IMEI digunakan?

Tujuan utama IMEI hanya untuk mengidentifikasi perangkat. Namun, ini juga membantu mencegah pencurian. Operator Anda dapat memblokir nomor IMEI ponsel yang di curi atau hilang di tingkat jaringan, membuat ponsel Anda tidak dapat di gunakan melalui operator Anda.

Jika perangkat Anda terhubung ke jaringan, Anda dapat menggunakan IMEI untuk melacak lokasi ponsel Anda yang hilang. Dalam kebanyakan kasus, ini di lakukan oleh penegak hukum, tetapi peretas juga dapat berusaha keras untuk menentukan lokasi Anda. Pencuri juga di ketahui mentransfer nomor IMEI bersih ke perangkat yang di curi.

Bisakah saya mengubah nomor IMEI saya? Nomor IMEI terkait dengan perangkat Anda dan tidak dapat di ubah tanpa penyesuaian ekstensif pada perangkat Anda.
Lengkap sudah tentang apa itu IMEI, bagaimana cara mengetahui nomornya, dan mengapa Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu. Berapa nomor IMEI ponsel Anda?

Komentar
Bagikan:

Iklan