Beranda Info Cara Memblokir IMEI Handphone Dicuri

Cara Memblokir IMEI Handphone Dicuri

Cara Memblokir IMEI Handphone Dicuri

Jika ponsel Anda di curi, kemungkinan untuk menemukannya sangat kecil. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memblokir nomor EMEI Anda agar orang yang telah mencurinya tidak dapat menggunakan ponsel Anda. Tetapi bagaimana Cara Memblokir IMEI Handphone Dicuri

Pada artikel ini, kami menawarkan saran tentang apa yang harus di lakukan untuk mencegah perangkat Anda yang di curi di gunakan oleh pencuri. Jika nomor EMEI perangkat Anda yang di curi di blokir oleh KEMKOMINFO, maka handphone tersebut tidak akan dapat menggunakan perangkat untuk melakukan panggilan atau terhubung ke Internet, dan Anda tidak akan dapat menjual ponsel Anda di pasar.

Cara Memblokir IMEI Handphone Dicuri

Sebelum melanjutkan ke panduan tentang cara memblokir nomor EMEI Anda dan apa yang harus di lakukan, ketahui mengapa memblokir EMEI ponsel Anda penting saat perangkat Anda hilang atau di curi.

Sesuai dengan ketentuan ini, Anda tidak boleh menggunakan nomor IMEI yang tidak terdaftar di KEMKOMINFO untuk melakukan panggilan telepon atau mengakses Internet melalui jaringan seluler. Namun, selain memblokir ponsel ilegal, aturan MENKOMINFO juga dapat memblokir IMEI handpone yang di curi.

Ini berguna untuk memastikan ponsel tersebut tidak dapat di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi bagaimana Anda memblokir? Silahkan baca panduan di bawah ini sampai akhir.

Siapkan nomor Imei ponsel Anda yang di curi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan nomor imei dari perangkat yang di curi. Maka dari itu sebaiknya Anda menghafalkan nomor imei handphone Anda yang di curi. Jika Anda tidak hafal sebaiknya Anda melihat kotak dus handphone yang Anda miliki, karena di kotak dus terdapat nomor imei asli handphone.

Baca juga : Cara Cek IMEI iPhone Asli

Membuat Surat Kehilangan Di Kantor Polisi

Langkah selanjutnya setelah mengetahui nomor emei yang di gunakan adalah pergi ke kantor polisi dan menulis surat kehilangan. Penting untuk mengetahui bahwa ponsel Anda yang hilang benar-benar milik Anda.

Membuat Laporan Ke Cabang Kantor Operator Seluler Terdekat

Kemudian, setelah menerima laporan kehilangan dari polisi, hubungi dukungan pelanggan perusahaan ponsel yang kehilangan ponsel Anda. Misalnya, jika ponsel Anda yang hilang menggunakan nomor xl Axiata, Anda bisa pergi ke Grapari xl Axiata yang terdekat dengan wilayah Anda.

Jelaskan tujuan dan sasaran CS operator seluler. Serangkaian pemeriksaan dan verifikasi kemudian di lakukan untuk memastikan bahwa ponsel tersebut benar-benar milik anda. Jika ponsel tersebut terbukti milik Anda.

Maka operator akan mem-blacklist nomor IMEI mesin CEIR (Central Equipment Identification Register) milik KEMKOMINFO. Dari laporan yang di buat dan dikirim ke operator, KEMKOMINFO memblokir nomor IMEI dan mencegah aktivasi semua operator di Indonesia.

Dari langkah-langkah di atas, jelas bahwa Anda tidak dapat melakukan panggilan atau terhubung ke Internet menggunakan ponsel Anda yang hilang karena IMEI perangkat terkunci dan tidak dapat di aktifkan oleh operator mana pun.

Baca juga : Cara Cek IMEI Ponsel

Dengan memblokir nomor IMEI handphone yang dicuri, meskipun ponsel Anda yang hilang tidak dapat di temukan. Setidaknya seseorang yang telah mencurinya tidak akan dapat menggunakannya.

Komentar
Bagikan:

Iklan