Beranda Info Cara Cek IMEI Ponsel

Cara Cek IMEI Ponsel

Cara Cek IMEI Ponsel

Saat membeli, penting untuk cek nomor imei ponsel di situs web IMEI. Ini membantu ponsel untuk direkam secara resmi, bukan pasar ilegal atau gelap (BM). International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identifikasi yang dirancang untuk mengidentifikasi ponsel. Dari data spesifikasi hingga masa garansi.

Pengendalian Sarana dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui IMEI, Pemerintah mewajibkan agar IMEI tersinkronisasi dengan semua perangkat telekomunikasi.

Setiap perangkat, termasuk ponsel, komputer, dan tablet, harus lulus verifikasi IMEI oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan terdaftar di pusat data Kementerian Perdagangan dan Perindustrian. Jika IMEI tidak terdaftar di Kementerian Perdagangan, itu tidak akan berfungsi.

Cara Cek IMEI Ponsel

Di rangkum dari berbagai sumber, berikut cara cek IMEI ponsel untuk mengetahui apakah perangkat Anda resmi.

Periksa IMEI kartu ponsel Anda

Cara sederhana untuk mengecek IMEI ponsel Anda ada di karton. Temukan stiker IMEI dengan kode IMEI 15 digit. Jika stiker bertuliskan “Assembled in Indonesia” atau “Made in Indonesia”, bisa di pastikan ponsel Anda tercakup dalam garansi resmi.

Periksa dengan kode USSD

Buka menu keyboard HP dan masukkan *#06#. Setelah itu, Anda akan melihat nomor IMEI dan barcode ponsel Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mencocokkan nomor IMEI dengan nomor di bilik ponsel Anda. Jika sama dan kartu SIM ponsel dapat di gunakan, maka ponsel tersebut resmi terdaftar.

Sesuaikan IMEI di pengaturan

Untuk pengguna iPhone, Anda dapat menemukan nomor IMEI perangkat Anda dengan cara berikut: Masuk ke menu pengaturan. Temukan menu Umum dan klik Tentang. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan informasi nomor IMEI.

Di sisi lain, pemilik ponsel Android dapat melihat nomor IMEI perangkatnya dari menu berikut: Buka Pengaturan di ponsel Anda. Pilih opsi “Tentang ponsel”. Klik “Status” dan Anda akan melihat kode IMEI.

Baca juga : Cara Cek HP Samsung ORI atau HDC

Nah lengkap sudah artikel tentang Cara Cek IMEI Ponsel, saya membagikan cara ini semoga dapat membantu anda ketika beli handphone baru.

Bagikan:

Iklan