Beranda Info Cara Mengisi Freon AC Mobil

Cara Mengisi Freon AC Mobil

AC mobil tidak bisa sembarangan diisi ulang dengan Freon. Lalu bagaimana Cara Mengisi Freon AC Mobil yang benar.

AC mobil tidak bisa sembarangan diisi ulang dengan Freon. Memang kesalahan pengisian freon AC mobil akan merusak AC dan membuat suhu mobil lebih dingin dari biasanya. Akibatnya, kenyamanan berkendara menjadi terganggu. Lalu bagaimana Cara Mengisi Freon AC Mobil yang benar.

Jika Anda mengikuti semua rekomendasi dengan tepat berikut ini, Anda dapat memasang freon AC di mobil Anda di rumah. Freon merupakan salah satu komponen yang membantu kerja sistem AC sekaligus menjaga interior mobil tetap sejuk.

Karena komponen gas ini mudah menguap ke udara, maka perlu di perhatikan kondisinya. AC Anda tidak dapat memasok udara sejuk karena kekurangan freon.
Mengingat sifatnya yang mudah menguap, itu harus di periksa secara teratur.

Ketika freon di AC mobil berkurang atau habis, jumlah udara yang di hembuskan ke dalam mobil berkurang. Ada dua cara mengisi bahan bakar AC mobil dengan freon. Satu isi bahan bakar AC mobil dengan freon dari saluran tekanan rendah, dan yang lainnya adalah isi bahan bakar AC mobil dengan freon dari saluran tekanan tinggi.

Cara Mengisi Freon AC Mobil tekanan rendah

Anda juga bisa menggunakan saluran tekanan rendah untuk mengisi Freon dari AC mobil Anda. Namun, metode ini harus dilakukan dengan hati-hati dan paling baik dilakukan oleh seorang profesional. Berikut ini adalah prosedur untuk mengisi tekanan rendah Freon Freeon AC.

  • Hidupkan mesin dengan 2000-3000 rpm
  • Dalam hal ini, nyalakan AC mobil pada suhu maksimum.
  • Lakukan pengisian freon pada saluran hisap yang ada pada kompresor AC menggunakan manifold gauge, lalu buka kran tabung freon dan tutup rapat kran saluran tinggi
  • Setelah itu, crane tekanan rendah perlahan dibuka, dan bukannya cairan, mereka akan memasuki saluran kompresor arus alternatif dalam bentuk gas.
  • Perhatikan tekanan kendaraan ac-freon. Pastikan berbagai jenis jarum pemuatan menunjukkan 21 hingga 29 pon per inci persegi, dan pastikan bahwa indikator tekanan tinggi menunjukkan 200 hingga 213 pound.
  • Semua proses pengisian freon menggunakan semua metode tekanan rendah

Cara Mengisi Freon AC Mobil tegangan tinggi

Jika ini adalah pertama kalinya Otofrins mencoba mengisi mobil Freon AC itu sendiri, metode tekanan tinggi dianggap sangat tepat. Ini karena fakta bahwa kompresor mobil tidak bekerja pada komponen lain, terutama untuk menekan pendingin. Metode mengisi freon dengan mobil menggunakan saluran tekanan tinggi adalah sebagai berikut.

  • Pertama, naikkan terlebih dahulu tekanan freon dengan alat charging station
  • Pastikan kondisi mobil dan AC mati setelah tekanan meningkat.
  • Pastikan meter Marie Gauge dipasang dalam mixer tekanan rendah tertutup dan mixer tekanan tinggi terbuka.
  • Dalam hal ini, tuangkan freon cair ke dalam sistem daya alternatif mobil dan putar tabung freon.
  • Tunggu sebentar sampai proses pengisian kutub tekanan rendah berakhir.

Baca juga Jenis-Jenis Freon AC Mobil

Mengapa Freon AC mobil Cepat Habis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, CFC pada AC mobil mudah menguap dan cepat hilang. Ada beberapa alasan penipisan CFC yang cepat di AC mobil.

Usia penggunaan

Jumlah tahun pemakaian adalah penyebab paling umum habisnya freon dini pada AC mobil. Faktanya, tidak ada yang tahu berapa lama freon pada AC mobil akan bertahan. Namun anda dapat mengganti Freon pada AC mobil ketika performa Freon pada AC mobil menurun dengan menurunkan suhu di dalam mobil.

Kompresor terlalu panas

Penggunaan AC yang berlebihan dan penumpukan kotoran dapat menyebabkan kompresor menjadi terlalu panas atau overheat. Suhu kompresor yang terlalu tinggi akan mengganggu pembentukan kondensat yang akan mempengaruhi pengoperasian kompresor dan kondensor AC mobil. Akibatnya freon dari AC mobil sangat mudah menguap dan cepat hilang.

Ada kebocoran pada pipa AC

Kebocoran pada selang yang menyambungkan komponen sistem AC mobil Anda dapat menyebabkan penguraian freon di dalam kendaraan Anda cepat habis. Sebagai salah satu faktor untuk menjaga kenyamanan, AC mobil harus di rawat dan di jaga dalam kondisi baik. Silahkan lakukan perawatan berkala di Otofriends secara berkala agar AC mobil tidak cepat terisi.

Komentar
Bagikan:

Iklan