Beranda Info Penyebab Gambar CCTV Tidak Muncul

Penyebab Gambar CCTV Tidak Muncul

Penyebab Gambar CCTV Tidak Muncul

Penggunaan kamera pengintai telah meningkat seiring berjalannya waktu. Karena aktivitas kriminal dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, sistem pengawasan video banyak di gunakan di lapangan umum dan gedung-gedung. Misalnya rumah, perkantoran, lembaga pendidikan, taman, tempat wisata, dan lain-lain. Lalu apa Penyebab Gambar CCTV Tidak Muncul di layar monitor.

Selain itu, penggunaan kamera CCTV pintar mulai banyak di gunakan di ruang outdoor. Harap berhati-hati terhadap aktivitas kriminal seperti pencurian sepeda motor dan penipuan. Hal ini bisa terjadi apalagi jika lingkungan sedang tenang.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pengawasan video luar ruangan dapat meningkatkan keamanan secara efektif. Dengan kata lain, sistem pengawasan video dapat di gunakan untuk meminimalkan terjadinya kejahatan atau untuk mencegah kejahatan yang mungkin berdampak negatif terhadap orang lain atau harta benda.

Oleh karena itu, tidak heran jika sebagian besar kamera CCTV sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan modern. Untuk memungkinkan konsumen yang berlangganan memanfaatkan sepenuhnya semua fitur yang tersedia bagi mereka.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah yang menghalangi berfungsinya sistem pengawasan video dengan baik. Misalnya kerusakan pada sistem pengawasan video yang menyebabkan tidak lagi ditampilkan atau monitor tidak ditampilkan.

Umumnya kerusakan tersebut terjadi karena beberapa sebab dan intensitas penggunaan yang cukup tinggi, bahkan penggunaan terus menerus selama 24 jam. Namun, tidak perlu terlalu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan berbagai cara tergantung penyebab kerusakannya.

Penyebab Gambar CCTV Tidak Muncul

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak melihat gambar di monitor CCTV Anda. Silakan baca ulasan selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa saja penyebab monitor CCTV tidak menampilkan gambar dan bagaimana cara mengatasinya.

Kamera pengintai rusak dan tidak berfungsi

Alasan pertama mengapa rekaman kamera CCTV tidak ditampilkan di layar monitor adalah karena kamera CCTV rusak atau mati. Jika kamera CCTV dimatikan, tidak ada gambar yang diambil dan rekaman video yang seharusnya ditampilkan di layar monitor tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika rekaman kamera pengintai tidak ditampilkan di layar monitor, Anda mungkin perlu memeriksa kembali status kamera. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui langkah tepat apa yang perlu Anda ambil agar sistem pengawasan video Anda berfungsi kembali.

Biasanya, cara mengatasi kamera keamanan yang rusak atau cacat adalah dengan memperbaikinya atau, dalam beberapa kasus, menggantinya dengan kamera baru. Selain itu, Anda dapat membawa kamera CCTV Anda ke toko atau pengecer tempat Anda membeli sistem CCTV untuk mendapatkan garansi yang sah, jika ada.

DVR Rusak

Penyebab gambar tidak muncul di layar monitor selanjutnya adalah kerusakan pada DVR. DVR adalah salah satu elemen atau perangkat utama kamera pengawasan video. Fungsi DVR dalam sistem video surveilans adalah untuk menyimpan dan mengolah data video hasil rekaman kamera CCTV.

DVR juga dapat digunakan untuk merekam video dari kamera CCTV ke penyimpanan yang ada. Misalnya, Anda dapat menyimpannya ke micro SD, penyimpanan cloud, atau hard drive, atau bahkan menyimpan layar monitor Anda. Alasan kegagalan DVR mungkin berbeda.

Alasan pertama kegagalan DVR adalah tidak berfungsinya sistem pengawasan video. Hal ini terjadi karena kabel rusak atau kendor. Penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan kerusakan DVR adalah pengaturan DVR. Akibatnya, kamera keamanan Anda tidak lagi terhubung ke jaringan atau DVR Anda, dan sistem keamanan Anda tidak lagi melihat video apa pun.

Penyebab utama kerusakan DVR Anda adalah ketidakstabilan tegangan. Situasi ini menyebabkan buruknya kinerja DVR dalam sistem pengawasan video. Solusi yang baik untuk memperbaiki masalah DVR di sistem pengawasan video Anda adalah dengan memeriksa bagian DVR. Dengan cara ini, Anda dapat memeriksa apakah DVR Anda tidak berfungsi atau tidak.

Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang CCTV DVR, solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan pergi ke service center CCTV dan mengganti DVR Anda yang rusak dengan yang baru. Akan lebih baik lagi jika DVR CCTV tersebut memiliki garansi resmi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli DVR baru.

Adaptor CCTV Tidak Berfungsi

Alasan lain penyebab gambar kamera CCTV tidak muncul di layar monitor adalah adaptor CCTV yang rusak. Adaptor adalah bagian dari kamera CCTV dan bertindak sebagai sumber listrik. Oleh karena itu, adaptor berperan penting dalam menghubungkan arus ke kamera CCTV.

Dengan cara ini, kamera dapat merekam semua gambar dan bahkan semua audio di sekitar sistem pengawasan video. Anda dapat menggunakan Avometer untuk memeriksa kondisi adaptor Anda sebelum menggantinya dengan yang baru. Setelah Anda memeriksa kondisi adaptor, Anda dapat menggantinya dengan yang baru dan kamera CCTV Anda dapat berfungsi kembali.

Jaringan WIFI Terputus

Masalah lain yang menyebabkan hasil rekaman CCTV tidak dapat di tampilkan di monitor adalah karena terputusnya koneksi dari jaringan nirkabel berupa Wi-Fi. Masalah yang di sebabkan oleh jaringan nirkabel di sebabkan oleh ketidakcocokan SSID dan kata sandi.

Oleh karena itu, Anda perlu memetakan ulang (mengaitkan) nama SSID dengan password Wi-Fi yang di gunakan perangkat pengawasan video Anda. Jika pemetaan ulang SSID dan kata sandi gagal, sistem pengawasan video Anda mungkin tidak terhubung ke jaringan Anda.

Baca juga : Cara Melihat CCTV Lewat Google Chrome

Tentu saja hal ini akan membuat gambar yang direkam oleh kamera pengintai tidak dapat di tampilkan di layar monitor. Anda dapat memverifikasi ini dengan memeriksa status jaringan Internet pada perangkat pengawasan video Anda.

Jika perangkat pengawasan video Anda terhubung ke Internet, daftar akan menampilkan status jaringan (‘Tersambung’ atau ‘Berhasil’). Namun ketika internet terputus maka status jaringan berubah menjadi Connected.

Komentar
Bagikan:

Iklan