Beranda SEO Cara Riset Keyword di Google Trends

Cara Riset Keyword di Google Trends

Google Trends adalah alat riset keyword yang berguna untuk melihat tren pencarian dan popularitas kata kunci. Pelajari langkah-langkah Cara Riset Keyword di Google Trends, seperti membuka halaman Google Trends, memasukkan kata kunci, mengatur pilihan, menganalisis data, dan menggunakan data untuk riset keyword. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda di mesin pencari dengan mengoptimalkan konten berdasarkan informasi yang diperoleh dari Google Trends.

Google Trends adalah alat gratis yang menyediakan data tentang popularitas pencarian tertentu di Google dan YouTube. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword yang relevan, populer, dan potensial untuk konten dan SEO Anda dengan Cara Riset Keyword di Google Trends.

Google Trends adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk riset keyword. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat melihat tren pencarian dan popularitas suatu kata kunci dalam periode waktu tertentu.

Cara Riset Keyword di Google Trends

Berikut adalah langkah-langkah cara riset keyword di Google Trends:

1. Buka Google Trends

Pertama, buka halaman Google Trends di browser Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui tautan https://trends.google.com/trends/.

2. Masukkan Kata Kunci

Setelah membuka Google Trends, masukkan kata kunci yang ingin Anda riset di kotak pencarian. Misalnya, jika Anda ingin riset tentang “makanan sehat”, ketikkan kata kunci tersebut di kotak pencarian.

3. Atur Pilihan

Setelah memasukkan kata kunci, Anda dapat mengatur beberapa pilihan seperti periode waktu, lokasi, kategori, dan jenis pencarian. Anda dapat memilih periode waktu tertentu, memilih lokasi spesifik, memilih kategori yang relevan, dan memilih jenis pencarian seperti pencarian web, berita, YouTube, atau gambar.

4. Analisis Data

Setelah mengatur pilihan, Google Trends akan menampilkan data dan grafik yang menunjukkan popularitas kata kunci dalam periode waktu tertentu. Anda dapat melihat tren peningkatan atau penurunan popularitas kata kunci, serta melihat kata kunci terkait yang juga populer.

5. Gunakan Data untuk Riset Keyword

Dengan data yang diperoleh dari Google Trends, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk riset keyword. Anda dapat melihat kata kunci yang sedang tren, kata kunci terkait yang populer, dan mengoptimalkan konten Anda berdasarkan informasi tersebut.

Lihat grafik yang menunjukkan tren pencarian keyword Anda sepanjang waktu. Anda dapat membandingkan beberapa keyword serupa dengan menambahkannya di bawah kotak pencarian. Anda juga dapat melihat bagaimana tren berbeda di berbagai negara atau kota dengan mengklik peta di bawah grafik.

Gulir ke bawah untuk melihat topik dan query terkait yang sedang tren berdasarkan keyword Anda. Ini dapat membantu Anda menemukan ide konten baru atau keyword LSI (Latent Semantic Indexing) yang dapat meningkatkan relevansi konten Anda.

Jika Anda ingin mengekspor data Google Trends ke Excel atau Word, Anda dapat mengklik ikon titik tiga di sudut kanan atas grafik atau tabel dan pilih “Unduh CSV”. Anda dapat membuka file CSV di Excel atau Word dan menganalisis data lebih lanjut.

Baca juga : Cara Riset Keyword dengan CPC atau BPK Besar

Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat memiliki wawasan yang lebih baik tentang tren pencarian dan popularitas kata kunci. Ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan konten Anda dan meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan