Beranda Smart Home Apa Itu Smart Home System

Apa Itu Smart Home System

Smart home system menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya. Sistem rumah pintar memungkinkan pengguna mengontrol fungsi dari jarak jauh seperti keamanan rumah, suhu, pencahayaan, dan teater rumah.

Pernahkah Anda melihat rumah yang begitu rumit dengan banyak teknologi? Ya, kini Anda dapat dengan mudah mengontrol rumah Anda dengan sistem “rumah pintar”. Sistem rumah pintar atau teknologi rumah pintar mengacu pada lingkungan rumah yang nyaman di mana perangkat dan peralatan dapat di kontrol secara otomatis dari jarak jauh atau dari mana saja dengan koneksi internet.

Sistem ini di rancang untuk membantu pemilik rumah menghemat uang serta membuat rumah mereka lebih mudah di kelola. Namun, sistem rumah pintar juga memiliki risiko keamanan dan bug, yang mengharuskan pemilik rumah untuk terus memantau dan memperbarui sistem mereka.

Apa Itu Smart home system

Seperti namanya, rumah pintar atau smart home adalah sebuah hunian berbasis teknologi yang mengontrol dan memusatkan semua peralatan rumah tangga dalam satu tempat sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh atau berdekatan.

Yang di lengkapi dengan sistem kontrol rumah berteknologi tinggi yang memungkinkan Anda untuk mengontrol berbagai perangkat listrik dan elektronik melalui Internet. Sistem smart home ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Mereka yang akrab dengan IoT dan Internet of Things harus akrab dengan konsep rumah pintar. IoT adalah istilah yang digunakan untuk semua perangkat teknologi yang memungkinkan konektivitas ke Internet. Lantas apa hubungannya dengan konsep smart home?

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, konsep smart home merupakan hasil integrasi Internet of Things untuk memberikan penggunaan rumah yang lebih efisien, karena menggunakan sistem kontrol suara. Untuk itu, banyak perusahaan yang saat ini berlomba-lomba membangun sistem untuk rumah pintar.

Bagaimana Cara Smart Home System Bekerja

Perangkat dalam sistem rumah pintar saling terhubung dan dapat di akses dari satu titik pusat seperti smartphone, tablet, laptop. Peralatan seperti kunci pintu, TV, termostat, CCTV, kamera, lampu, bahkan lemari es semuanya dapat di kendalikan oleh satu sistem otomasi rumah, sistem rumah pintar.

Sistem rumah pintar di instal pada perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya. Pengguna dapat mengatur jadwal dan waktu untuk melakukan perubahan tertentu agar sistem tetap up to date. Sistem rumah pintar di berdayakan oleh kecerdasan buatan, sehingga mereka dapat mempelajari jadwal pemilik rumah dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Salah satunya adalah kontrol pencahayaan yang di gunakan oleh banyak pemilik sistem rumah pintar. Hal ini memungkinkan pemilik rumah untuk mengurangi konsumsi daya dan menuai keuntungan dari penghematan energi. Beberapa sistem rumah pintar memberi tahu pemilik rumah saat gerakan terdeteksi di rumah saat penghuninya pergi.

Sistem lain dapat menghubungi otoritas seperti polisi atau pemadam kebakaran dalam keadaan darurat. Setelah terhubung, layanan seperti bel pintu, sistem keamanan, dan perangkat sistem rumah pintar lainnya menjadi bagian dari teknologi Internet of Things (IoT), atau jaringan entitas fisik yang mampu mengumpulkan dan bertukar informasi elektronik.

Keamanan dan efisiensi adalah alasan utama peningkatan penggunaan sistem rumah pintar. Sistem dapat menampilkan sistem nirkabel, sistem yang dapat di program, atau keduanya. Sistem rumah pintar nirkabel mudah di pasang. Memasang sistem otomasi rumah nirkabel dengan fitur seperti pencahayaan cerdas, kontrol iklim, dan keamanan bisa sangat mahal dan sangat di sarankan.

Sistem rumah pintar, di sisi lain, di anggap lebih aman dan umumnya kurang dapat di retas. Sistem yang terintegrasi dapat meningkatkan nilai jual kembali sebuah rumah. Namun, sistem rumah pintar default tidak di ragukan lagi sangat mahal.

Hiburan video pintar dan speaker pintar saat ini merupakan komponen teknologi terpenting dari sistem rumah pintar, di ikuti oleh sistem keamanan rumah dan layanan pengawasan atau sistem pengawasan. .

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home System

Tentu saja, memasang teknologi sistem rumah pintar sama seperti menggunakan teknologi lainnya, dengan konsekuensi positif dan negatif. Itu semua bermuara pada perspektif dan preferensi pribadi.

Alih-alih menggunakan perangkat yang berbeda untuk mengontrol peralatan, termostat, lampu, dan fungsi lainnya, pemilik rumah dengan sistem rumah pintar dapat mengontrol semuanya dari satu perangkat, biasanya smartphone atau tablet.

Sistem rumah pintar terhubung ke perangkat yang dapat di kenakan sehingga pengguna dapat menerima pemberitahuan dan pembaruan tentang masalah di rumah. Misalnya, bel pintu pintar memungkinkan pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang datang ke rumahnya bahkan saat mereka tidak di rumah.

Sistem rumah pintar memungkinkan pemilik rumah menyesuaikan dan mengontrol suhu dalam ruangan, pencahayaan, dan fasilitas lainnya. Dalam hal biaya, pemilik bisa mendapatkan keuntungan dari penghematan yang signifikan. Kurangi biaya energi Anda dengan menggunakan elektronik secara lebih efisien.

Kekurangan Smart Home System

Hanya karena sistem rumah pintar itu nyaman dan ekonomis, bukan berarti teknologinya tanpa masalah. Ancaman dan bug keamanan terus mengganggu produsen dan pengguna teknologi. Misalnya, seorang peretas yang terampil dapat mengakses perangkat sistem rumah pintar yang terhubung ke internet.

Seorang yang ahli dalam komputer dapat menyusup ke DVR, kamera, dan router yang terhubung dan menggunakan serangan denial-of-service, juga d ikenal sebagai serangan DDoS, untuk melumpuhkan sejumlah situs web utama.

Langkah-langkah untuk mengurangi risiko serangan tersebut termasuk melindungi peralatan dan perangkat rumah pintar dengan kata sandi yang kuat, menggunakan enkripsi jika memungkinkan, dan menghubungkan hanya perangkat tepercaya ke jaringan. biaya kecil.

Baca Juga: Daftar CCTV Nirkabel Dan harganya

Penyedia Layanan Smart Home System di Indonesia

Saat ini, semakin banyak perusahaan teknologi yang menyediakan layanan smart home di Indonesia. Lihat beberapa daftar penyedia teknologi smart home system di bawah ini.

Rumah Pintar Indonesia

Rumah Pintar Indonesia adalah penyedia produk sistem rumah pintar merek ARBIT serta penyedia layanan instalasi teknologi rumah pintar. Untuk lampu pintar misalnya, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol lampunya menggunakan ponsel dan perintah suara kapan saja, di mana saja. Pengguna juga dapat mengubah warna lampu sesuai dengan keinginan mereka.

Teknologi sistem rumah pintar lain yang dapat Anda coba adalah kit tirai pintar. Berkat sistem modular, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran rel. Ada juga kunci pintu pintar yang memungkinkan Anda memutar pegangan pintu ke kiri atau ke kanan. Itu dapat di buka dengan beberapa cara, termasuk sidik jari, kartu RFID, kode PIN, kunci manual (di bawah), dan buka kunci jarak jauh dari aplikasi.

Mulia Teknologi Utama

Perusahaan yang berbasis di Surabaya ini berupaya mengutamakan kualitas atau service quality berupa sistem smart home di apartemen, gedung perkantoran, dan otomatisasi. Selain kualitas produk yang di gunakan, perseroan menawarkan beberapa alternatif sistem smart home yang dapat di pilih pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa level tersedia terkait dengan jumlah perangkat yang terintegrasi ke dalam sistem rumah pintar. Hampir semua perangkat elektronik dapat di integrasikan ke dalam sistem ini. Tentunya penerapannya akan di sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mulia Teknologi Utama menawarkan perangkat sistem rumah pintar yang sering terhubung ke TV, proyektor, CCTV, AV, AC, pompa air, lampu on/off, dimmer, gorden, gerbang kunci, pagar geser, dan sensor.

Karsyte

KARSYTE, salah satu penyedia sistem smart home, menawarkan berbagai pilihan layanan bagi pemilik rumah yang ingin memanfaatkan konsep smart home. Tentu saja, beberapa layanan yang di berikan dapat berkontribusi pada kenyamanan dan kemudahan pemiliknya.

Misalnya, mengutip situs web KARYSTE, sistem rumah pintar mereka memiliki layanan kontrol pencahayaan pintar. Fitur ini memungkinkan pemilik rumah untuk dengan mudah mengontrol pencahayaan mereka. Bahkan ketika Anda tidak di rumah. Semuanya hanya dapat di atur di ponsel cerdas Anda.

Jangan hanya mengaktifkan atau menonaktifkannya. Namun, pemilik juga bisa mengatur tingkat kecerahan lampu. Ada juga gorden pintar yang dapat dengan mudah mengontrol gorden secara otomatis. Tidak lagi sulit untuk menutup gorden saat pemiliknya berada di luar. Kontrol saja melalui sistem Android atau iOS.

Taman pintar juga merupakan produk andalan KARYSTE. Pemilik rumah yang menikmati berkebun mungkin khawatir karena harus meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama. Misalnya takut tanaman berantakan karena tidak d isiram. Anda dapat menggunakan teknologi rumah pintar untuk secara otomatis mengontrol proses penyiraman tanaman Anda.

Baca Juga: Biaya Pasang CCTV IndiHome

Ini tentang sistem rumah pintar. Ingat, teknologi di rancang untuk membuat hidup Anda lebih mudah. Namun di balik semua itu ada harga yang sangat mahal yang harus di bayar untuk semua perkembangan teknologi tersebut. Namun dengan teknologi rumah pintar, sepertinya semuanya ada di tangan Anda, karena Anda hanya dapat mengontrolnya dengan smartphone.

Komentar
Bagikan:

Iklan