Beranda Info Pengertian Google Cloud Platform

Pengertian Google Cloud Platform

Pengertian Google Cloud Platform adalah sekumpulan layanan yang di sediakan untuk mendukung operasi IT perusahaan dan developer aplikasi

Pengertian Google Cloud Platform (GCP) adalah sekumpulan layanan yang di sediakan untuk mendukung operasi IT perusahaan dan developer aplikasi. Google Cloud menawarkan layanan untuk komputasi, penyimpanan, jaringan, data besar, pembelajaran mesin, dan Internet of Things, serta manajemen cloud, keamanan, dan alat pengembangan.

Google Cloud adalah salah satu penyedia layanan komputasi awan terbesar di dunia yang menggunakan infrastruktur Google. Istilah “cloud” sendiri tentunya sudah tidak asing lagi bagi para software developer. Cloud adalah fondasi sebenarnya untuk membuat aplikasi yang dapat di akses dari mana saja melalui satu server.

Sama seperti penyimpanan umum, Anda dapat mengakses data Anda kapan saja, di mana saja selama Anda memiliki koneksi internet. Teknologi cloud adalah solusi untuk membuat server dalam waktu singkat. Dengan menggunakan teknologi cloud, Anda dapat mengurangi beban pada server. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang Google Cloud? Baca ulasan lengkapnya di sini!

Temukan Pengertian Google Cloud Platform

Google Cloud Platform (GCP) adalah penyedia layanan penyimpanan cloud yang bersaing dengan Amazon Web Services dan Microsoft Azure. Melalui Layanan GCP dan penyedia layanan cloud lainnya, pengguna memiliki akses gratis atau terukur ke resource komputasi yang di simpan di pusat data Google di seluruh dunia.

Google Cloud Platform menyediakan layanan yang dapat di akses web untuk membantu Anda mendigitalkan bisnis Anda. Google Cloud Platform, di sisi lain, adalah bagian dari Google Cloud. Produk komputasi awan Google Cloud meliputi:

Google Compute Engine adalah layanan (IaaS) yang mendukung instance mesin virtual untuk hosting.

Google App Engine adalah Platform sebagai Layanan (PaaS) yang memberi pengembang perangkat lunak akses ke hosting Google yang dapat diskalakan.

Google Cloud Storage adalah platform penyimpanan cloud yang dirancang untuk menyimpan kumpulan data besar yang tidak terstruktur. Google juga menawarkan opsi penyimpanan database seperti penyimpanan data cloud untuk penyimpanan non-relasional NoSQL, penyimpanan cloud SQL untuk MySQL, dan database Google Cloud Bigtable kami sendiri.

Google Kubernetes Engine (GKE) adalah sistem manajemen dan orkestrasi untuk container Docker yang berjalan di layanan cloud publik Google. Google Kubernetes Engine didasarkan pada Kubernetes, sistem pengelolaan container open source Google.

Google Cloud Operations Suite adalah seperangkat alat pemantauan, logging, dan pelaporan terintegrasi untuk layanan terkelola yang mengelola aplikasi dan sistem di Google Cloud. Komputasi tanpa server menyediakan fitur, alat, dan layanan Cloud Run. Layanan basis data seperti Cloud Bigtable CloudSpanner dan CloudSQL.

Teknologi Cloud

Komputasi awan, atau komputasi awan, memungkinkan pengguna untuk mengakses penyimpanan, file, perangkat lunak, dan server melalui perangkat yang terhubung ke Internet seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya. Pada dasarnya, komputasi awan berarti Anda dapat menyimpan data dan mengaksesnya melalui internet alih-alih menggunakan hard drive.

Ini berarti siapa pun dapat menggunakan perangkat lunak dan infrastruktur TI yang kuat untuk menjadi lebih besar, lebih kecil, lebih fleksibel, dan bersaing dengan perusahaan yang jauh lebih besar. Tidak seperti perangkat keras dan perangkat lunak tradisional, komputasi awan membantu bisnis memanfaatkan teknologi mutakhir tanpa investasi besar.

Komputasi awan hadir dalam banyak rasa, termasuk perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), platform sebagai layanan (PaaS), dan infrastruktur sebagai layanan (IaaS). Google adalah platform yang menyediakan layanan cloud computing melalui GCP.

Manfaat Menggunakan Google Cloud

Google Cloud Platform menawarkan kecepatan pemrosesan yang luar biasa, dapat bekerja dengan jaringan yang kompleks, dan menawarkan kinerja yang lebih baik. Layanan cloud menawarkan banyak keuntungan, antara lain:

Murah

Keuntungan utama dari layanan cloud adalah hemat biaya. Dengan teknologi ini, tidak perlu membuat infrastruktur teknologi aplikasi. Plus, Anda tidak perlu membeli perangkat penyimpanan seperti hard drive.

Fleksibilitas

Layanan cloud tersedia kapan saja, di mana saja. Anda juga dapat menambahkan banyak orang ke cloud yang sama dan mengerjakan proyek orang lain secara real time.

Aman

Infrastruktur yang di bangun menggunakan cloud cenderung lebih aman. Penyedia cloud biasanya menyediakan firewall untuk melindungi data Anda. Layanan dan Produk Google Cloud Platform.

Layanan dan Produk Google Cloud Platform

Google Cloud menawarkan banyak layanan di IaaS, PaaS, dan SaaS. Di bawah ini adalah beberapa layanan.

Infrastruktur sebagai layanan

  • mesin perhitungan
  • penyimpanan daring
  • awan pribadi virtual
  • disk persisten

Platform sebagai Layanan

  • Server aplikasi Google
  • Fungsi awan

Perangkat lunak sebagai layanan

  • Google Workspace (sebelumnya G Suite)

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Website Ke Google Berita

Google Cloud memiliki banyak keunggulan di bandingkan platform sejenis lainnya, antara lain. Karena Google Cloud dapat berjalan di mana saja dengan teknologi open source. Ini berarti arsitektur aplikasi di kunci oleh vendor dan aplikasi dapat di buka dari mana saja.

Google adalah platform terkemuka yang menawarkan banyak layanan dan teknologi modern. Integrasikan dengan mudah dengan semua layanan Google. Google menjamin teknologi karbon-netral, yaitu teknologi yang peduli terhadap lingkungan.

Dengan menggunakan Google Cloud, Anda dapat mengurangi penggunaan peralatan yang berbahaya bagi lingkungan. Referensi: Apa itu Google Workspace? Lihat fitur dan manfaatnya! Lengkap sudah deskripsi layanan Google Cloud yang membantu menyederhanakan infrastruktur aplikasi Anda. Semoga dapat membantu anda.

Komentar
Bagikan:

Iklan