Cara Menggunakan Basic Attention Token

Menggunakan Basic Attention Token (BAT) adalah Teknologi hadir untuk menjadi solusi dari permasalahan yang sudah ada. bahkan jika masalahnya di sebabkan oleh kemajuan teknologi. Demikian pula, mata uang digital sedang di kembangkan untuk menjadi solusi masalah keuangan.

Basic Attention Token (BAT) adalah jenis mata uang digital yang di kembangkan untuk mengatasi masalah keuangan khususnya di bidang periklanan online. Apa itu BAT dan bagaimana mata uang digital ini menjadi solusi untuk masalah periklanan digital? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu Basic Attention Token (BAT)?

Token Perhatian Dasar adalah token kriptografi yang di kembangkan khusus untuk digunakan dalam ekosistem browser Brave. Token ini di kembangkan oleh Brendan Eich, salah satu pendiri Mozilla Firefox, selama penawaran koin awal pada tahun 2017. Per Juni 2022, token BAT telah mengumpulkan kapitalisasi pasar sebesar USD 595 juta dengan total 1,5 miliar BAT.

Pergerakan saat ini, harga BAT adalah $0,4 per unit. Harga tersebut sangat rendah di bandingkan November 2021 lalu ketika token ini di jual dengan harga 1,7 USD per unit. Untuk memiliki token ini, Anda dapat membelinya di bursa kripto atau menjadi pembuat konten atau pengguna Brave Browser.

Perbedaan Browser Brave dan Basic Attention Token (BAT)

Agar berhasil dalam perdagangan Token Perhatian Dasar (BAT), Anda harus terlebih dahulu memahami ekosistem tempat token ini di gunakan. Brave Browser adalah aplikasi dan browser web yang di kembangkan oleh Brendan_Eich dan Brian Bondy di Brave Software, Inc.

Brave Browser menawarkan aplikasi browser yang mirip dengan Google Chrome, tetapi bersifat open source dan berfokus pada privasi pengguna. Masalah yang di pecahkan ketika menggunakan basic attention token ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu masalah pengaturan iklan sedemikian rupa sehingga tidak mempengaruhi kenyamanan dan privasi pengguna.

Tentunya sebagai pengguna internet kita sering merasa tidak nyaman ketika iklan tumpang tindih artikel atau iklan pop tiba-tiba muncul. Nah, Brave Browser mencoba meminimalisir masalah ini dengan trading plan yang mereka buat. Untuk alasan ini, Brave Browser memiliki pemblokir iklan yang di instal secara otomatis di aplikasi dan situs web.

Keuntungan Menggunakan BAT

Dengan demikian, pengguna mendapatkan beberapa keuntungan Menggunakan Basic Attention Token yaitu:

Browser aman tidak perlu takut terkena malware.
Tidak ada pop ads atau banner yang muncul tiba-tiba.
Bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menonton iklan.
Surfing internet jadi lebih cepat.
Memberikan tip kepada content creator favorit.
Mengatur berapa iklan yang akan di lihat .

Cara Kerja Basic Attention Token (BAT)

Model bisnis Brave Browser berbeda dengan Google Chrome. Google Chrome mendapatkan uang dari biaya iklan yang di sediakan oleh perusahaan. Sebaliknya, Chrome menyediakan data pengguna sehingga perusahaan dapat menyesuaikan iklan untuk penargetan yang tepat.

Jadi jangan heran jika kamu mencari minyak wangi atau parfum melalui Google dan kamu akan segera melihat banyak sekali iklan parfum di beranda, Youtube, Facebook, Instagram kamu. Ini bukan model bisnis Brave Browser. Brave browser merilis menggunakan basic attention token (BAT) pada tahun 2017 untuk mengatasi hal ini.

Jadi, perusahaan yang ingin mengiklan di Brave browser harus membayar biaya iklan dengan menggunakan BAT. BAT ini kemudian di bagi dua yaitu 30% untuk Brave browser dan sisanya untuk pengguna yang melihat iklan. Pengguna yang melihat iklan tersebut lantas bisa memberikan sebagian token BAT yang mereka miliki kepada content creator.

Tidak hanya pendapatan tambahan, pengguna juga bisa mengatur berapa jumlah iklan yang ingin di tonton dan bahkan mematikan menu iklan di bagian pengaturan supaya tidak perlu melihat iklan sama sekali. Oleh karena itu, pemirsa iklan dan pembuat konten dapat memperoleh penghasilan tambahan, browser Brave terus menerima uang, dan iklan dari perusahaan di tampilkan tanpa mengorbankan privasi pengguna.

Dengan model bisnis seperti itu, tidak heran Brave Browser kini di gunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna bulanan, 15,5 pengguna aktif harian, dan 1,3 juta pembuat konten. Aplikasi browser Brave telah di unduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store dan memiliki peringkat 4,5 di Play Store dan 4,8 di App Store.

Cara Menggunakan Basic Attention Token (BAT)

Seperti di sebutkan di atas, sistem operasi browser Brave berbeda dengan browser biasa. Browser ini memungkinkan pengguna untuk memberikan saran dan penawaran kepada pembuat konten favorit mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan melihat iklan.

Untuk User

Jika Anda adalah pengguna, Anda bisa mendapatkan token BAT dengan menukarkan cryptocurrency atau menonton iklan terlebih dahulu. Jumlah iklan yang telah Anda lihat dan jumlah token BAT yang Anda miliki dapat di lihat dengan mengklik ikon segitiga di kanan atas browser, lalu mengklik Pengaturan Hadiah. Jika Anda sudah muak dengan BAT, Anda dapat memberikan beberapa kode kepada pembuatnya sebagai tip dalam daftar yang sama.

Untuk Content Creator

Menggunakan Basic Attention Token adalah solusi bagi pembuat konten yang tidak dapat mengaktifkan situs web dan fitur YouTube AdSense mereka. Dengan hanya menggunakan browser dan BAT ini, pembuat konten telah mengintegrasikan Chrome dengan aplikasi Firefox pihak ketiga seperti Kayakarsa, Patreon, dan lainnya.

Untuk mendapatkan BAT dengan menjadi pembuat konten, Anda harus terlebih dahulu membuat dan memverifikasi akun browser Brave. Pembuat konten di browser ini tidak hanya terbatas pada pembuat konten YouTube, tetapi juga situs web, Twitter, atau bahkan Twitch. Setelah akun pembuat konten di buat dan di verifikasi di creators.brave.com, pelanggan situs web dan saluran Anda dapat mengirimkan BAT ke akun Anda.

Plus, Anda bisa mendapatkan lebih banyak BAT dengan mengirimkan kode referensi Anda untuk aplikasi ini ke pelanggan Anda. Semakin banyak orang yang menggunakan Brave Browser dari referensi ini, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan. Total BAT yang Anda terima, serta semua pengaturan dan statistik akun Anda, akan di tampilkan di pembuat dasbor.

Baca juga : Apa Itu Security Token Market

Dasbor ini terlihat saat Anda masuk ke akun pembuat konten Brave Browser Anda. Selain itu, Anda dapat melihat saldo BAT Anda secara sekilas dengan mengklik ikon segitiga di pojok kanan atas browser Anda. Dengan menukar (menjual) token BAT dengan cryptocurrency lain atau mata uang fiat sebagai pengguna atau pembuat konten, Anda dapat meningkatkan penghasilan bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

By admin